Minggu, 03 Oktober 2010

Saat Ketulusan itu harus Teruji

Kuakui, belakangan ini aku merasa sangat kelelahan. Terlalu berambisi untuk mengejar setiap celah kesempatan yang terekam dalam pandangan hingga melupakan kondisi fisik sendiri. Terlalu asyik berpetualang di tiga atau bahkan empat kota yang berbeda dalam kurun waktu yang sempit.

Emang sih, semua itu merupakan sebuah kesempatan langka tapi kalo ujung-ujungnya kecapen terus ngeborong macem-macem penyakit kayak muntahber, radang tenggorokan, demam, susah makan, susah ngomong. Ih bete!! enggak enak banget, diem...tiduran doang, gak ngapa-ngapain bawaannya pusing, liat tulisan dimana-mana sama..bulet-bulet kayak kue bakpaw...Ah, rasanya lengkap sudah penderitaanku. Hya, pokoknya have nice a bed rest,we!

Sebenarnya, hati dan perasaanku yang lebih kacau dan gak karuan lagi. Saat teman yang paling dekat denganku pamit pergi keluar kota untuk bekerja. Biarpun aku sudah memperkirakan peristiwa itu bakal terjadi dan telah berulang untuk kedua kalinya tapi tetap saja kesedihan itu enggan beranjak pergi. Aku masih sedih kalo harus kehilangan teman sebaik dia.

Aku tahu dia tak pergi jauh, bukankah kita masih bisa berkomunikasi via sms ataupun telepon? Dan yang paling penting pekerjaan tersebut sangat dia idamkan. Bagaimana jadinya kalau dia menolak tawaran yang begitu sempurna? Aku tahu betul impiannya. Tentunya, aku dukung keputusannya kali ini, biarpun aku sendiri merasa luka.

Aneh juga sih!...aku cukup terpukul dengan keputusan yang dibuat sendiri. Padahal hubungan kita gak jelas juga sih! Dibilang temen memang bukan teman biasa tapi kalo dibilang pacaran? Boro-boro, ngomong perasaan itu dianggap tabu buat kita berdua.

Aku...suka aja temenan sama dia, abis orangnya lucu, selalu bikin aku tersenyum dan ketawa, terus enak diajak ngobrol pula. Dia juga gak pandang genre. Kan ada tuh orang yang sok jaim, bikin kita kikuk kalo mo ngomong ma tu orang.

Dan yang paling membuatku merasa kehilangan adalah ketulusannya sebagai seorang sahabat benar-benar sudah teruji. Dia tak pernah pergi dari sisiku saat sedang susah, apalagi kalau sedang senang. Dia selalu ada untuk menghiburku, membuat semua hal yang terasa berat menjadi ringan dan hilang. Jarang ada lho orang yang mau nemenin kita saat kita lagi susah!

Aku bisa bebas bercerita akan banyak hal padanya. Dan berhubung aku ini cewe yang ribet dan banyak ngomel, dia sih santai-santai aja nanggapin semua keluhanku. Paling cuma komentar dikit, kalo nggak ”hmm”, ”ohh”, atau ”sudahlah tapi anehnya setelah itu aku bakal ngerasa ringan saja, kayak abis bawa sekarung sampah terus dibuang ke tempat sampah. Plong..., gitu!! Makanya aku sayaang banget ma tu anak!

Disaat dia pamit, tentu aja aku kelabakan kayak kebakaran jenggot. Rasanya ada gempa lokal disekitar tanah tempat aku berpijak. Sepertinya, semangat hidupku menghablur entah kemana. Aku gak tahu mo ngapain, rasanya hidup ini terasa timpang. Aku berusaha mencari milikku yang hilang tapi tahu apa.

Kerjaanku cuma nangis dan bersedih! Uuh, ko aku jadi cengeng begini sih! Aneh, padahal kalo lagi patah hati biasanya aku masih bisa ketawa ketiwi tapi kehilangan sahabat seperti dia, bisa berpengaruh pada kondisi fisikku. Dan lihat saja, beberapa hari kemudian... kondisiku langsung ngedrop kayak sekarang.

Namun ada satu janji yang belum kutepati. Sebuah janji yang kali ini benar-benar menguji ketulusanku sebagai sahabatnya. Sebuah janji untuk mencarikan seseorang untuk dijadikan permaisuri hatinya. Nah itu yang berat, padahal sendainya aku bisa menyanggupi permintaannya, tentu saja ketulusanku sudah teruji untuk menjadi sahabatnya. Apa aku bisa mewudkan kemurnian janji itu? Hya, moga aku bisa dan ikhlas...Allahu alam

Intinya, aku sadar. Mungkin umur persahabatanku dengannya hanya sampai disini. Biarpun persahabatan kami hanya seumur jagung, namun banyak hal berharga yang dapat kami raih disini. Mulai saat ini, kuharap agar kami dapat menjalani sisa hidup ini dengan jalan hidup masing-masing. Semoga suatu hari nanti, aku bisa mendapatkan seorang pengganti yang lebih baik darinya. Semoga...

Bandung, 4 Pebruari 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar